TRANSLATE

Translate this page from Indonesian to the following language! English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified Widget edited by Agustiyawan

BLOG FAVORITE

Senin, 31 Januari 2011

PANORAMA DAN EKSOTISME KUTAI KARTANEGARA


::: Agustiyawan :::

KUTAI KARTANEGARA boleh disebut jantung historis Kalimantan Timur, Kabupaten ini kaya akan beragam peninggalan sejarah. Bahkan kini dinasti kerajaan Kutai sudah bangkit dan kembali eksis serta melanjutkan langkah menyokong pembangunan bangsa. Kabupaten ini juga penuh dinamika pembangunan modern, hingga perjalanan Anda ke kota ini akan sangat berkesan.


TENGGARONG ibu kota Kabupaten Kutai Kartanegara, jantung pergerakan dinamika dan pembangunan Kabupaten Kutai Kartanegara. Di kota ini Anda dapat menikmati berbagai kekayaan cultural dan jejak peninggalan masa lalu yang berdampingan dengan kehidupan modern. Untuk oleh-oleh dapat bias diperoleh beragam cenderamata khas di kios-kios khusus yang menjual cenderamata. Antara lain yang istimewa adalah beragam “kain tenun ulap Anda juga bias mengunjungi Museum Mulawarman yang kaya koleksi masa lalu sebagai jejak penting kehadiran Kerajaan Kutai di masa lalu.

PULAU KUMALA. Delta besar di tengah sungai yang kemudian dibangun menjadi tempat hiburan seperti Taman Impian Jaya Ancol dihubungkan dengan dataran besar Pulau Kalimantan via jembatan panjang nan indah, berbagai fasilitas hiburan dan permainan ala Disney Land tersedia, dan ini merupakan satu-satunya di Kalimantan. Pulau ini menjadi tujuan utama wisata masyarakat sekitar, terutama di hari-hari liburan sekolah dan pasca lebaran dan natal.





DANAU SEMAYANG, JEMPANG & MALINTANG. Danau besar yang asik untuk dikunjungi, pemandangan di Danau sangat indah di saat matahari terbit dan tenggelam. Di sini bila disaksikan juga kehidupan asli para nelayan yang tinggal di rumah-rumah terapung. Ketika danau ini terutama Danau Jempang merupakan pemasok penting ikan  tawar ke kota-kota, khususnya Tenggarong. Bila ke Danau Jempang yang berada di daerah Tanjung Isuy, Anda juga bias mengunjungi industry kerajinan kain yang indah dank has, bias juga menyaksikan lamin (rumah panjang) suku Dayak Banuaq.

 Danau Semayang

Danau Jempang
Danau Malintang

AYAN-AYANAN. Menyukai keunikan tradisi? Saat di Tenggarong dan menyaksikan ada pesta pernikahan adat kutai, mampir sajalah. Kalau beruntung Anda bias menyaksikan tradisi ayan-ayanan, permainan yang dilakukan para pengawal pengantin beserta sang pengantin, untuk menghibur dan membantu mempelai agar lebih saling mengenal. Ada kepercayaan, pengantin yang tidur lebih dahulu akan meninggal lebih dahulu pula (maaf ini hanya kepercayaan saja  hidup mati ada ditangan Tuhan), ayan-ayanan yang penuh canda dan lucu ini berlangsung tiga malam berturut-turut.
 
 

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...